Selasa, 17 Maret 2015

FAKTA UNIK NEGARA JERMAN


 Image result for germany
 
 
1. Selain Rusia, Jerman adalah negara dengan populasi terbanyak di Eropa, yaitu sekitar 82 juta jiwa. Sedangkan di dunia Jerman menduduki peringkat ke-16 sebagai negara padat penduduk.
 
2. Pada era Second Reich (1871 – 1918) wilayah Jerman sangat luas hingga meliputi Polandia dan Lituania.
3. Bicara soal bir, sudah menjadi rahasia umum jika masyarakat Jerman sangat mencintai bir. Namun sebagai negara yang lebih banyak mengonsumsi bir dibandingkan air putih ini, ternyata hanya menduduki peringkat ke dua di dunia sebagai the most consumer beer. Setiap tahun orang Jerman minum bir sebanyak 107 liter per kapita, masih kalah oleh Republik Ceko yang menduduki peringkat pertama dengan 132 liter per kapita setiap tahun.
 
4. Terdapat sekitar 1.300 pabrik bir (breweries) di Jerman yang memproduksi tidak kurang dari 5.000 jenis bir. Enam ratus diantaranya  tersebar di Bavaria. Di negara bagian selatan Jerman itu bir sudah seperti makanan sehari-hari.
5. Jika ingin memesan bir di bar atau pub di Jerman, hanya tinggal mengacungkan jempol dan bir pun akan segera datang ke hadapan mata.
6. Di Jerman terdapat sekitar 300 jenis roti dan 1.000 jenissosis. Bahkan Berlin memiliki museum currywurst. Currywurst adalah olahan sosis paling populer di Jerman. Sedangkan di Ebergötzen berdiri sebuah museum roti.
 
7. Bundesrepublik Deutschland adalah negara paling ramah lingkungan. Negara pelopor Perang Dunia II ini mendaur ulang 48% sampahnya. Di pesisir utara Jerman terdapat 20.000 turbin yang menyumbangkan 35% tenaga angin yang diproduksi dunia.
 
8. Jerman memiliki hampir 700 kebun binatang, taman burung, konservasi binatang dan taman alam liar. Selain itu sekitar 30% wilayah Jerman juga berupa hutan.
9. Musik klasik didominasi oleh komposer-komposer dari negara berbahasa Jerman. Sebut saja Sebastian Bach, Richard Wagner, Ludwig van Beethoven, Robert Alexander Schumann, Richard Georg Strauss, dan Johannes Brahms.
 
10. Tidak dapat dipungkiri jika Jerman sudah sejak lama memproduksi pemikir serta penyair terbaik sepanjang masa. Keberadaan Albert Einstein, Robert Koch, Immanuel Kant, Friedrich Nietzsche, Thomas Mann, Friedrich Schiller, Wolfgang von Goethe, hingga Patrick Süskind membuat negeri der Panzer dijuluki sebagai negeri penyair dan pemikir atau Land der Dichter und Denker.
 
11. Perjanjian Versailes mendenda Jerman sebanyak 132 miliar mark emas sebagai bentuk pertanggungjawaban Perang Dunia I. Namun denda tersebut kemudian turun menjadi 50 miliar. Sebagian denda tersebut dibayarkan menggunakan pinjaman dari Bank New York dan sebagian lagi menggunakan batu bara dan kayu. Pembayaran bunga terkahir baru dibayarkan pada 3 Oktober 2010.
12. Sebagai penyulut Perang Dunia II, Jerman pun kembali dihukum dengan harus membayar denda miliaran. Diantaranya mereka harus membayar atas penganiayaan serta kerja paksa orang Yahudi kepada Israel dan Kongres Yahudi Dunia. Ironisnya, Jerman juga harus membayar denda pada Uni Soviet dalam bentuk kerja paksa. Banyak warga dan militer Jerman yang ditangkap oleh Tentara Merah kemudian dibawa ke Uni Soviet. Selama di kamp kerja paksa prosentase kematian mencapai 50% dan ratusan ribu nyawa melayang di dalam tahanan.
13. Banyak orang maupun korban yang hidup di era pembantaian Yahudi ingin menutup rapat-rapat sejarah kelam itu. Namun di 17 negara termasuk Jerman, segala bentuk penyangkalan terhadap kejadian Holocaust adalah sebuah kejahatan. Hal tersebut dapat membuat seseorang didenda bahkan masuk penjara. Melakukan hormat ala Nazi (Seig Heil Nazi) juga diancam hukuman kurung selama 3 tahun.
14.  Tradisi pohon natal (Tannenbaum) berasal dari Jerman. Selain pohon natal, celana jeans juga diciptakan oleh Levi Strauss, businessman keturunan Yahudi Jerman.
 
 
15. Ibu kota Berlin ternyata sembilan kali lebih besar dari Paris. Sebagai kota besar, Berlin memiliki stasiun kereta api terbesar di dunia. Selain stasiun kereta api terbesar, Jerman juga dinobatkan sebagai negara dengan basis fans sepak bola terbanyak.
 
16. Jerman adalah pemenang Piala Dunia FIFA sebanyak 4 kali. Yakni di Tahun 1954, 1974, 1990, dan 2014. Selain itu, Jerman juga mempunyai klub-klub elit Eropa bahkan Dunia, Seperti Bayern Munich, Borussia Dortmund, Schalke 04, Borussia Monchengladbach, Bayer Leverkusen, Hamburger SV,dsb. Jerman juga memiliki prestasi pada sepak bola wanitanya baik junior maupun senior.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar